Kencing nanah (Gonore atau GO) merupakan penyakit kelamin yang ditandai keluar nanah dari orifisium uretra eksternum (OUE) sesudah melakukan hubungan kelamin. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi kuman Neisseria gonorrhoeae, dengan prevalensi laki-laki lebih sering bila dibandingkan dengan wanita.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Pada anamnesis, sesudah lewat masa tunas 3-5 hari, penderita mengeluh nyeri dan panas pada waktu BAK, kemudian keluar nanah yang berwarna putih susu dari uretra dan muara uretra membengkak. Pada wanita dapat disertai keputihan (Flour albus).  Pada pemeriksaan fisik pada laki-laki dijumpai OUE merah, edema, ektropion keluar ecoulement, sedangkan pada wanita akan tampak portio uteri merah, edema dengan secret mukopurulen. Dan pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah pemeriksaan sediaan langsung dengan pewarnaan Gram dan Metylen blue akan kita jumpai kuman Neisseria gonorrhoeae.

Klinis GO

Neisseria gonorrhoeae

Penatalaksanaannya

Pengobatan

Sumber: Garcia AL, Madkan VK, Tyring SK. Gonorrhea and Other Venereal Diseases. In: Wolff K, Goldsmith LA, Katz SI, Gilchrest BA, Paller AS, Leffell DJ, eds. Fitzpatrick’s Dermatology in General Medicine Volume one. Sevent edition. New York: MeGraw  Hill. 2008. P.1996