Otitis Media Supuratif Kronik (OMSK) adalah infeksi kronik telinga tengah yang disertai perforasi membrane timpani dan keluar sekret secara terus-menerus atau hilang timbul. Biasanya disertai gangguan pendengaran. Sebagian besar OMSK merupakan kelanjutan dari OMA dan sebagian kecil disebabkan oleh perforasi membrane timpani akibat trauma telinga. OMSK ada dua jenis, yaitu OMSK tipe benigna dan OMSK tipe maligna.

Kuman penyebab biasanya kuman gram positif aerob, pada infeksi yang sudah berlangsung cukup lama sering juga terdapat kuman gram negatif anaerob.

Gambaran klinis OMSK adalah keluar secret dari telinga tengah. Gangguan pendengaran terjadi secara berlahan-lahan. Rasa sakit timbul bila sudah timbul komplikasi atau OMSK disertai OE. Pada pemeriksaan fisik tampak membrane timpani sudah perforasi.

Penatalaksaan sesuai dengan jenis OMSK. Pada tipe benigna, bila sekretnya progresif, sebaiknya diberikan obat pencuci telinga H2O2 3% selama 2-3 hari disertai antibiotic seperti amoksilin atau penisilin. Bila sekret sudah berkurang tetapi belum kering, dapat diberikan obat tetes telinga yang mengandung antibiotik dan kortikosteroid. Penderita OMSK tidak dianjurkan untuk berenang. Bila dengan pengobatan secara konservatif sekret tidak mau kering, kemungkinan sudah terjadi mastoiditis kronis, maka penderita dikonsulkan ke ahli THT-KL untuk dilakukan operasi mastoidektomi. Pada tipe maligna, pengobatan yang tepat adalah operasi.

Iklan