Setiap anak adam yang pernah saya sakiti, baik dengan sengaja maupun tidak. Saya mohon maaf….

Saya berharap dibulan yang suci ini, kita semua diberi rahmat dan hidayah oleh Allah SWT. Ingat perjuangan baru saja dimulai, jangan pernah menyerah, kita harus yakin setiap perbuatan yang dilakukan sungguh-sungguh karna Allah maka akan berbuah manis….

Untuk akh/uhk yang mau pulang kampung….

Dikampung halaman nanti, kita akan berinteraksi lagi dengan masyarakat yang sudah lama kita tinggalkan. Oleh karena itu, perlu sekali kita mengenal kembali tipologi-tipologi dari mereka. Secara garis besar ada 4 tipe masyarakat:

1.  Mujtama’ alhadhary; kelompok ini adalah kalangan terdidik dan kalangan elit dalam masyarakat. Berda’wah dikalangan ini tidaklah mudah, hal ini dikarnakan:

a). Tsabitul gharizah; watak dan karakternya sudah mapan,

b). Tanmiyatul kafa’ah; pengalamannya sudah teruji dilapangan,

c). Mutsaqoful firk; wawasannya sudah luas.

2. Mujtama’al ‘adah; merupakan tipe masyarakat yang ditandai dengan:

a). Qowwiyul I’Tiqodi ‘ala ‘urf; masyarakat ini memiliki keyakinan yang mendalam terhadap kebiasaan/adat yang ada pada masyarakat, dalam hal tertentu fenomena kesyirikan menjadi hal yang dianggap biasa.

b). Bina ‘ash shilah ‘ala sulalah; interaksi dalam masyarakat ini terbangun karna faktor keturunan, strata atau status sosial di masyarakat, disamping itu juga ditentukan oleh faktor silsilah keluarga. Inilah karakter masyarakat yang disebut primordial dan foedal. Berda’wah terhadap mereka lebih cepat penerimaannya ketika kita punya status…

Insya Allah dilain waktu akan saya sambung lagi….

Doakan agar saya dan keluarga diberi kemudahan oleh Allah….

Doakan juga agar istri saya cepat sembuh dari sakitnya….